Pages

Selasa, 19 Juli 2016

PENGUSAHA REEFER CONTAINER (CV. GIBRAN SERVICE)



Reefer container adalah salah satu jenis petikemas  refrigeration unit dengan system pendingan tertutup, secara bahasa reefer container adalah container yang dilengkapi dengan system refrijerasi (refrigerated container) untuk mengawetkan atau menjaga temperature atau suhu komoditi yang ada di dalamnya. Komoditi yang disimpan dalam container seperti ini adalah barang atau cargo yang digunakan untuk kegiatan ekspor atau import. Untuk dapat beroperasi pada saat transportasi reefer menggunakan power supply diesel atau genset agar suhu cargo didalam petikemas reefer bisa tetap terjaga dengan baik sehingga barang tersebut terjamin secara kualitasnya.

Pendinginan tertutup, artinya Material pendingin tidak mungkin habis jika tidak ada kebocoran.maksud dari system pendinginan tertutup juga adalah bahwa system tidak boleh terjadi contaminasion/pencemaran/pencampuran material pendinginan / (refrigerant) dengan material pendingan jenis lain,udara,gas lain dll.

REPAIR ENGINEE REEFER

Adalah proses perbaikan mesin reefer container yang rusak setelah estimasi of repair / EOR yang diajukan oleh estimator disetujui oleh pemilik container.Adapun perbaikan container harus berdasarkan standard yang telah ditetapkan oleh Manufacture pembuat reefer container tersebut dan pemilik container. Repair mesin reefer container dilakukan agar container tersebut bisa digunakan untuk muat cargo dan aman waktu pengiriman barang dengan pengapalan.

Reefer termasuk dalam kategori Refrijerasi Transportasi Darat dan Kapal Laut adalah container yang dilengkapi dengan system refrijerasi (refrigerated container) untuk
mengawetkan menjaga temperature komoditi yang ada di dalamnya komoditi yang ada di dalamnya. Komoditi yang disimpan dalam container seperti ini adalah komoditi ekspor/impor, misalnya daging dan buah-buahan.

Refrijerasi kapal laut (marine refrigeration) mengacu pada refrijerasi pada angkutan laut
atau ekspedisi muatan kapal laut, meliputi cargo dan pengapalan barang-barang atau
komoditi lainnya.

Manufacturer reefer container yang ada saat ini adalah Thermoking, Carrier, Daikin, Mitsubishi dan Starcool. Dari Brand ini reefer memiliki beberapa jenis dan seri berdasarkan kapasitas temperature yang dapat di operasikannya :

1.   Reefer standar umumnya beroperasi pada pengaturan temperature dari +30’C s/d-30’C.Namun untuk actual penggunaan reefer standart ini kita harus memperhatikan juga tahun pembuatan reefer container, kondisi engine, jenis dan temperature kargo yang akan di stuffing. Untuk reefer jenis ini direkomendasikan dengan batas temperature setting frozen sampai dengan -25’C atau -27’C


2.    Spesial reefer yaitu reefer yang digunakan untuk settingan tertentu atau jenis kargo tertentu seperti; Magnum Units,Afam+ units,CA units, Aqualife units, Super Freezerunits dsb.


Secara umum pada unit Reefer Jenis Cargo di bagi dua berdasarkan settinga temperaturnya :

1.      Chill Cargo adalah jenis kargo yang proses pendinginanya mulai dari -4.9’C dan terus  ke atas ke settingan plus “+”.seperti sayura, buah-buahan dan fresh cargo lainnya.

2.   Frozen Cargo adalah kargo yang proses pendinginannya mulai dari -5.0’C dan teruskebawah ke settingan minus “-“.Seperti Frozen fish, Frozen Shrimps dan produk beku lainya.


Untuk Service Reefer Container Perusahaan Anda dapat menghubungi
CV. Gibran Service
Usep Syarifudin, ST 
HP. 0812 1352 0500

Tidak ada komentar:

Posting Komentar